Desain antarmuka dalam
video game memang berbeda dengan
user interface yang lainnya karena
user interface pada video game bersifat fiksi, dan melibatkan unsur tambahan.
User Interface merupakan tampilan grafis
yang berhubungan langsung dengan pengguna
(user) user interface itu sendiri berfungsi menhubungkan antara pengguna dengan
system operasi, sihingga
computer dapat digunakan dan dapat melakukan interaksi.
dalam
video game desain
user interface sering muncul istilah
HUD, HUD itu sendiri kepanjangan dari
Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan.
Erik Fagerholt dan
Magnus Lorentzon dalam tesisnya menulis tesis tentang desain
user interface pada video game pada
Chalmers University of Technology berjudul :
Beyond HUD. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis
interface yang berkaitan dengan desain
video game.
Berikut Elemen – elemen berbagai
user interface pada video game yang serin digunakan pada
Game :
Diegetic
User Interface yang disertakan dalam permainan dunia secara nyata dengan menambahkan komponen
visual yang realis atau nyata dan tanpa menggunakan
heads-up display (HUD), diegetic dapat dilihat dan didengar oleh karakter permainan
Diegetic, Komponen diegetik menyediakan pemain dengan
avatar dan informasi
yang nyata sehingga tidak mengganggu
visual permainan dari
video game.
Meta
Antarmuka
yang diberikan di luar dunia
game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Contoh: Desain
User Interface ini walaupun ada komponen nyata dalam memberikan informasi secara
visual secara nyata tetapi desain
user interface yang di visualisasikan masih menggunakan
heads-up display (HUD).
Dalam
Need for Speed: Hot Pursuit anda masih merasa bahwa
speedometer di HUD 2D adalah
meta karena karakter pemain - sopir, anda akan tahu berapa kecepatan mobil
yang sedang melaju memalui
speedometer 2D tersebut.
Spatial
User Interface yang disertakan dalam permainan dunia dengan menambahkan komponen
visual heads-up display (HUD) sehingga ada informasi
yang diberikan kepada pemain dara karakter permainan tersebut.
Spatial UI elemen digunakan ketika ada kebutuhan untuk memecahkan cerita dalam rangka untuk memberikan informasi lebih kepada pemain dari karakte. Mereka masih duduk dalam geometri lingkungan permainan untuk membantu membenamkan pemain dan mencegah mereka dari keharusan untuk menghancurkan pengalaman dengan melompat ke layar
menu. Semakin dekat ini mengikuti aturan fiksi permainan semakin mereka dapat membantu membenamkan pemain.
Non-diegetik
Antarmuka
yang diberikan di luar dunia
game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain
interface ini semuanya mengunakan
visual heads-up display (HUD). semua menjadi sangat nyaman dengan penggunaan
heads-up display (HUD) dalam permainan. Sistem ini memberikan informasi penting dengan cara
yang cukup sederhana. Jika dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu itu ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar